Cari Blog Ini

Rabu, 25 April 2012

Takut tak cukup waktu



Hari libur telah tiba, akhirnya aku sejenak istirahat dari aktivitasku yang melelahkan. Tak sabar aku ingin bertemu sahabatku, rasanya baru kemarin kita bertemu, dan sekarang kita terpisah. Sahabat yang selalu menyapa di kala pagi, pulang sambil bermain, kini tak terasa lagi. Masa SMP begitu indah dalam hidupku, banyak kenangan bersama sahabat, bahagiaku sedihku, ku bagi bersamanya, hadapi masalah dan rintangan dengan kebersamaan, mengenal satu sama lain, saling memahami, itu lah sahabat.
Ouh iya sebut saja aku gina, dan sahabatku itu novhi, novhi sahabatku dia cewek super aktif yang selalu bikin aku ketawa, dengan tingkah konyolnya, terus dia tuh simple gak ribet pokonya rame deh, orangnya nyebelin, tapi ngangenin. Kita bersahabat mungkin sudah 3 tahun lamanya, tapi setelah 3 tahun kita di satu sekolah, sekarang sekolah kita berbeda dan akhirnya terpaksa kita berpisah, tapi aku masih tetap berhubungan dengannya, dan rencananya liburan kali ini aku akan pergi berliburan bersama novhi, aku begitu merindukan keluarga dan sahabatku. Aku sekolah asrama jadi jarang loh ketemu keluarga apalagi sahabat yahh … begitu lah sangat membosankan. Tapi liburan ini akan menjadi, hari yang menyenangkan.
Asik … dari kejauhan aku sudah melihat ibu, yang datang untuk menjemputku pulang. Segera ku bergegas pulang ke rumah dan meninggalkan asrama. Akhirnya aku segera pulang ke rumah tapi aneh dari asrama aku maunya pulang dan setelah waktunya tiba untukku meninggalkan asrama sedih juga. Aku akan begitu merindukan asrama dan teman-temanku, tapi sampai bertemu kembali setelah liburan yaaa … teman teman.
Wahhh… badanku terasa sakit semua setelah kegiatan sekolah di asrama, sebenernya sih … sekolah biasa tapi jadwalnya yang padat membuatku lelah. Aku belum terbiasa dengan keadaan asrama, penuh aturan dan penuh kegiatan. Sesampai di rumah aku kembali ke kamarku dan tak lama dari itu pun aku tertidur.
Keesokannya …
“ kriiiinng kriiing kriiiing… “ (suara alarm berbunyi)
“apaan sih siapa coba yang pasang alarm jam 6 di hari libur kerajinan     banget .. !!! “ (keluhku)
 
 
Dan ternyata itu alarm yang biasa aku pasang saat aku masih SMP, kalau enggak bisa-bisa aku telat tiap hari karena bangun kesiangan. Ternyata alarm nya masih terpasang. Tak ada perubahan sama sekali di kamarku ini, tetap seperti dulu.
Terpaksa aku terbangun dari tidurku, hahaha waktunya bermalas-malasan di rumah nih gak ada kerjaan, nonton TV asik kali yah udah lama nih gak nonton TV, sedang asik nonton TV tiba tiba ….
          “ tok..tok...tok” suara pintu kamarku 
          “  siapa ??? masuk .. “ jawabku 
Dan aku lihat seorang cewe feminim dan cantik di depan kamarku, surprise.. ternyata itu sahabatku Novhi.
          “ iiiih ya ampun kok kamu ke rumah gak bilang-bilang vhi” sapa ku 
“ iyyeehh emang gak boleh gitu, oh oke aku balik lagi deh” Novhi
“ ya.. udah gih balik lagi” sambil bercanda
” heheh engga deh, gak tau nih takut tak cukup waktu. Aku kan orang sibuk, jadi lebih cepat lebih baik gitu “ ( celotehannya dia)
“ Novhi … Novhi .. “  (sambil mengelus-ngelus dahi)
Penampilannya berbeda dari SMP jadi lebih dewasa dan cewe banget , huuuuh tapi nyebelinya tetap sama kayak dulu, kocak nya pun masih ada.
          “ ehh sini vhi, duduk dulu “  
          “ oh iya iya,”
          “ mau minum apa nih “
          “ aahhh gak usah repot-repot, gina… , cukup lemon tea aja “
          “ iiih elu mah sama aja ngerepotin onyon, eh lemon tea gak ada “
          “ jus mangga aja deh”
          “ enggak ada juga”
          “ terus adanya apa”
          “ air putih”
          “ ya udah sih dari tadi aja kasih air putih jangan so so nawarin Nonon”
          “ eh suka suka gua dong haha “
          “ dasarr… “
          “ ehh bentar ya onyon “
Onyon dan Nonon itu panggilan kita. Aku biasa di panggil nonon sama Novhi, dan sebaliknya aku biasa panggil Novhi onyon, gitu dehhh kita asik kan. Setelah banyak yang kita ceritakan hari itu, kita berencana liburan. Mungkin liburannya takkan jauh, yang penting berkesan. Setelah selesai bercerita Novhi segera pulang karena hari pun mulai sore.
“ daahhh… onyon haha aku pulang yah, besok kita ketemu lagi jangan lupa siap siap buat besok”
“ oke cepet pulang gih jangan lama- lama pamitannya haha”
“ ih sialan, bentar siih “
“ ya udah hati- hati di jalan ya nyon “
“ oke non”
Segera aku menyiapkan jaket dan peralatan lainnya untuk besok, tak lupa aku pun meminta izin mamah, dan untung nya di izinkan
Hari pun tiba … tepat pukul 08.00 aku sudah siap untuk berangkat.
          “ mah aku berangkat yah”
          “ ehhh… makan dulu nak “
          “ udah kok mah “ ( sambil mencium tangan ibuku)
          “ ya udah hati-hati di jalan yah, jalanan lagi macet”
          “ bilang sama mang yiyi jangan ngebut”
“ahh mamah gimana mau ngebut kan kata mamah jalanannya juga macet “
“ dasar ya kamu, cepet gih keburu siang makin siang makin macet nak “
“ iya mah, daaaah… mamah” ( melambaikan tangan)
Sesampai di rumah Novhi.
          “ Novhi … Novhi …. “
          “ masuk dulu de, Novhi nya lagi siap-siap”ibu novhi
          “ oh iya bu “ ( sambil tersenyum )
          “ bentar ke, kamu cepet amat jangan- jangan gak mandi yah “ Novhi
          “ idiiih enak aja udah cantik gini di bilang gak mandi “
          “ hahahah … cantik ni yehh, eh eh udah siap nih berangkat yu “ ( ajak Novhi sambil membawa tasnya)
Aku dan Novhi pun berpamitan.
          “ berangkat dulu ya mah … “ ( sambil mencium tangan mamahnya)
          “ berangkat dulu ya tante “
          “ iya nak, hati-hati”
Wahhh ini akan jadi hari yang menyenangkan. Kami menuju Lembang dan akan bermain out bond di De’Ranch, jalanan begitu macet, padat merayap. Kapan nyampenya yah kita,jalanan merayap gini, sambil menunggu jalanan yang macet kita mendengarkan lagu, lagu kesukaan kita semasa SMP. Lagunya jadul banget tapi kita masih begitu ingat lagu itu.
                                                                     “ persahabatn bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu kupu”
( dan bla bla bla kitapun menyanyi dengan riang gembira)
Yes … Akhirnya sampai juga, suasana De’Ranch begitu indah. Dengan suasana a’la peternakan di Amrik, atau lebih di kenal dengan istilah koboi. Udaranya yang sejuk menambah indah semua pandangan di mata kita. Wah… ada salah satu permainan koboi tuh, kita bisa berkuda disini dengan penampilan a’la koboi. Baju koboi yang kita sewa benar-benar membuat kita serasa jadi koboi. Aku dan Novhi pun segera menunggangi kuda yang sudah di siapkan. Sebenarnya aku takut menaiki kuda itu, tapi karena kelakuan Novhi yang jail
terpaksa deh aku ikut, habisnya sih ngejek terus… kepaksa deh.
Tapi seru juga naik kuda, terakhir aku naik kuda waktu TK baru sekarang nyoba lagi. Selesai berkuda kita mencoba pemainan lainnya seperti flying fox, fun boat, Trampoline, memancing ikan dan banyak lagi
          Setelah merasa lelah karena sudah lumayan banyak permainan yang di coba, aku dan Novhi mencoba istirahat dengan menaiki Delman di sana, dengan delman kita berkeliling daerah sekitar De’Ranch. Ternyata setelah berkeliling dengan delman membuat kita lapar dan akhirnya kita masuk ke sebuah resto di De’Ranch bernama Pelana Hall. Setelah makan kita coba memancing ikan di kolam De’Ranch, memancing itu seru…
          “ strike aku dapet aku dapet “ ( seru Novhi)
          “ kok aku enggak yah”
          “ hahah kan ikan disini tuh maunya sama yang cantik aja gin “
          “ eh liat yah ntar gua dapet ikan yang lebih gede dari lu”
Setelah menunggu lama dan mencoba sabar…
          “ yess dapat, “
          Hemm ternyata ikan kecil yang aku dapat
“ hahah itu ikan atau apa sih kerempeng amat kayak yang gak pernah di kasih makan , ( jawab novhi sambil meledek )
“ ah udah deh, udahan aja gua kalah lu menang, kayaknya emang lu tuh ada bakat buat jadi tukang pancing ikan hahaha “
“ sialan ya kamu, nonon nonon kalo kalah jangan sirik dong “
“ eh pulang yu udah sore nih “
“ yuks mari ciiiin“
          “ yuks cap cus “ ( sambil tertawa)
Wah… nyaman sekali disini tapi hari sudah mulai sore sepertinya kita harus segela pulang.
          Kita pulang dengan hati senang, di jalan pun kita bercanda tawa. Seperti biasa jalanan begitu padat merayap. Sepanjang jalan kita bercerita dan karena kelelahan aku dan novhi pun tertidur lelap di mobil.
          “ Tiiin tiiin … ( bunyi kelakson)
          “ bangun neng udah nyampe rumah nih “ ( kata mang yiyi)
          “ ouh udah nyampe ya mang, hoooaamm ( masih terasa ngantuk)
          “ dah … Novhi sampai ketemu besok ya “
          “ iya gin … dah .. “
Tadi dia bilang minggu depan kita akan main lagi tapi kali ini lumayan dekat dari rumah kita, ke Kawah Putih. Walaupun jaraknya gak terlalu jauh kita jarang sekali main ke Kawah Putih. Ahhh … pengen cepet besok terakhir aku ke kawah putih SD, pasti banyak perubahannya sekarang.
Hari demi hari pun berlalu … dan hari Minggu telah tiba.
Hari ini begitu cerah dan banyak sekali kegiatan yang sudah kita rencanakan minggu lalu. Seusai makan aku pun segera ke rumah Novhi. Tapi yang aku lihat di sana begitu ramai …tampak keluarga Novhi yang sedang menangis. Aku bingung dan segera mencari tau. Dengan berdesakan menuju ruang tamu disana aku melihat temanku sedang berbaring. Dengan kain putih yang menyellimutinya, teman … kalian tau itu apa ?? ya kain kafan . tak ada lagi sapa,senyum,canda,tawa ataupun tingkal konyol darinya. Dia hanya terdiam membeku. Ya allah … siapa yang ada di hadapanku ini ?? apa ini sahabatku baru saja kemarin aku tertawa bersama dengannya. Apa secepat ini dia meninggalkanku. Dengan sesak dada aku pun menangis melihat teman ku sudah kembali ke sisi mu Ya Rabb…
“Novhi menginggal karena kecelakaan, motor yang di bawanya terlindas bus dari arah berlawanan”(penjelasan ibunya)
          “ Novhi … Onyon !!! “
          “ ayo main … kamu udah janji minggu ini kita main ke kawah putih “
          “ bangun … bangun cepet… !“ ( sambil menangis)
Namun tangisanku, tak merubah segalanya, semua tak sesuai dengan harapanku. Ternyata kata-kata yang sering dia ucapkan ini jawabannya ya allah . “TAKUT TAK CUKUP WAKTU “ kata-kata yang sempat dia ucapkan.
Aku tak tau bahwa hari itu adalah hari terakhirku bersama Novhi.
Sahabat tenang lah kau disana suatu saat kita akan kembali bersama di syurga, walupun selama ini ruang dan waktu selalu memisahkan kita. I love you
                                                seminggu setelah itu … aku pergi ke Kawah putih, tempat terakhir yang ingin dia datangi, namun tak cukup waktu baginya dan akhirnya akupun pergi sendiri tanpa seorang sahabatku, suasana kawah putih begitu indah, dengan kabut yang menyelimutinya pohon-pohon kering berwarna hitam nampak cantik, dan batu-batu berwarna putih seolah melambangkan persahabatan kita. Perpaduan putih dan hitam seolah-olah berbeda tapi tetap  menyatu. Begitu pun aku dan novhi tempat yang membuat kita berbeda namun kita tetap bersahabat. Suasana yang tenang membuatku kembali menangis sesak di dadaku tak tertahan lagi, tak ada canda tawa disini. Mungkin jika dia ada di kawah putih ini ku takan bersedih.
SELAMAT JALAN TEMAN …


buat mrs desti : ini tugas narasi fiksinya miss :) happy untuk memenuhi tugas bahasa indonesia.
tolong masukannya ya miss.... kalau salah di maklumi saya baru kali ini menulis cerpen, semoga ini bukan cerpen terakhir saya heheh .... 
ouh iya artikel juga harus buat?? saya gak ngerti bikin artikel. artikel nya nyusul ntar aja yah:-h wave
makasih

0 komentar:

Posting Komentar